17 RAMADHAN DI MASJID QUBA BEBESEN

  • Mar 29, 2024
  • Al hikmah

Tidak diragukan lagi kebutuhan kaum muslimin saat ini terhadap Al Qur'an sangatlah besar. Tidak hanya sebatas membaca tetapi juga menelaah dan memahami untuk kemudian mengamalkanya. Dengan berbagai tingkat pemahaman dan cara memahami yang dimiliki, apakah seorang muslim yang sudah islam kemudian memahami Al Qur'an dengan jalan yang diajarkan orang tua (Wirasah), ataukah memahami Al Qur'an dengan hati ataukah memahami Al Qur'an dengan pemikiran panjang, ataukah melalui cara lainya, Semua itu harus bermuara pada pemahaman Al Qur'an yang sesuai dengan pemahaman dan pengamalan yang dilakukkan Rasulullah SAW dan para sahabat dalam kehidupan kesehariannya.

Al Qur'an dengan segala macam kandunganya membutuhkan penjelasan kompethensif dan bertahap dari
Rasulullah SAW. Sekaligus aplikasi yang lebih mudah dalam kehidupan sehari-hari, sebab salah satu tujuan turunnya Al Qur'an adalah untuk diamalkan, diperlakukan sesuai adabnya dan konsisten dalam melaksanakanya, untuk mencapai hal itu hanya bisa dilakukkan dengan membaca dan mentadaburi dan memahaminya dengan teliti. Itu semua tidak bisa dilakukkan tanfa penafsiran yang jelas dan pemahaman yang menyeluruh terhadap maksud - maksud dan hukum - hukum ayat Al Qur'an.

Oleh sebab itu masyarakat kampung Bebesen bersama panitia Majid Quba bebesen dan aparatur pemerintahan kampung Bebesen mengadakan Nuzul Qur'an untuk anak - anak desa Bebesen di setiap bulan Ramadhan. Dan santunan bagi anak Yatim, Semoga menjadi kebaikan untuk generasi dan menjadi keberkahan untuk masyarakat banyak, dan menambah pengetahuan yang lebih dalam tentang Al Qur'an, yaitu pemahaman yang sesuai dengan  yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan para Sahabatnya.